Selamat, Joan Mir dan Team Suzuki Ecstar Menaklukan Mahkota Juara 2020

LIFESTYLE
16 Nov 2020

Garis finish Valencia GP yang berhasil diselesaikan oleh Joan Mir, memberikan dirinya tambahan poin sehingga berhasil memimpin puncak klasemen pebalap sebanyak 171 poin, atau dengan kata lain selisih 29 poin dari pebalap di posisi ke-dua. Kondisi tersebut turut memastikan dirinya sebagai Juara Dunia MotoGP tahun ini, meski masih ada satu putaran lagi di Portugal nanti.

Hari yang membahagiakan, pasalnya keberhasilan meraih mahkota Juara Dunia ini bertepatan dengan banyak peristiwa penting di sejarah Suzuki, antara lain tepat pada tahun 2020 ini Suzuki Indonesia merayakan ulang tahun ke-50, lalu ulang tahun Suzuki ke-100 di Dunia.

Didalam dunia balap pun, kemenangan tersebut terjadi pada momen 60 tahun Suzuki berlaga di kejuaraan dunia balap. Tak heran jika Suzuki dengan bangga menghadirkan Suzuki GSX-R150 dengan tampilan warna dan livery baru yang identik dengan Suzuki GSX-RR musim 2020.

Kemenangan Joan Mir di atas Suzuki GSX-RR turut menandai kemenangan perdana era mesin 4-stroke di ajang MotoGP, yang mana 20 tahun sebelumnya pada tahun 2000 kemenangan Juara Dunia diraih Kenny Roberts, Jr. diatas Suzuki bermesin 2-stroke. Kemajuan di bidang balap ini pula yang menginspirasi Suzuki untuk terus menciptakan sepeda motor terbaik di kelasnya, seperti Suzuki GSX-R150.

Gelar Juara Dunia musim 2020 adalah gelar ke-16 bagi Suzuki dan yang ke-2 bagi Joan Mir setelah mahkotanya saat masih berlaga di kelas Moto3 pada tahun 2017 lalu. Joan Mir adalah pebalap ke-10 dalam sejarah yang memenangkan gelar Juara Dunia yang menggunakan Suzuki.

Ditinjau dari semua kategori, dan menjadi pebalap yang ke-7 di kelas 500cc / MotoGP. Hari ini juga merupakan hari bersejarah dan penting bagi Tim Suzuki Ecstar, karena menjadi Tim pertama dalam sejarah Suzuki yang memenangkan Kejuaraan Dunia kategori Tim.

“Kejuaraan Dunia? Kedengarannya luar biasa! Sangat sulit untuk menemukan kata-katanya saat ini, tetapi saya harus mengucapkan terima kasih kepada begitu banyak orang, kepada Suzuki atas kesempatan ini, saya sangat senang memberi mereka gelar! Menjadi orang yang memberi mereka mahkota lagi setelah 20 tahun adalah perasaan yang luar biasa dan kehormatan sejati,” ujar  Joan Mir.

Mir menyebutkan, seluruh tim melakukan pekerjaan luar biasa, dia sangat gembira dengan kemenangan ini, telah menempuh perjalanan panjang sejak menjadi seorang anak yang hampir tidak punya uang untuk pergi balapan, dan keluarganya harus berterima kasih untuk ini.

“Saya bekerja sangat keras untuk mencapai puncak dan penghargaan ini luar biasa ini. Balapan hari ini tidak mudah, tetapi saya mendapatkan hasil yang saya butuhkan dan saya berharap mendapatkan hasil yang bagus di Portimao. Saatnya merayakan tapi kita harus melakukannya dengan bertanggung jawab." tutup Joan Mir.

Sementara itu, Presiden Suzuki Motor Corporation Mr. Toshihiro Suzuki menyampaikan rasa suka citanya, mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Tim Suzuki Ecstar dan Joan Mir yang telah memenangkan Kejuaraan Dunia MotoGP di musim yang sulit dan belum pernah terjadi sebelumnya karena situasi COVID-19 pada tahun 2020. Juga kepada Alex Rins, yang telah mengumpulkan kejuaraan luar biasa, masih dalam perebutan tempat kedua.

"Ini adalah peringatan 100 tahun Suzuki dan di tahun yang tak terlupakan ini, kami memenangkan kejuaraan MotoGP, yang merupakan seri balap motor tertinggi di dunia. Dan bisnis sepeda motor bagi kami adalah salah satu sektor utama yang dimulai dan dibangun oleh para senior kami selama bertahun-tahun,” ujarnya.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pelanggan, penggemar dan dealer yang selalu mendorong dan mendukung Suzuki, dan semua pemasok dan sponsor yang mendukung kami. Anggota staf tim kami, pebalap, dan lebih jauh lagi semua staf yang mendukung kegiatan ini oleh Miyakoda dan Ryuyo , Jepang,” lanjutnya.

"Sejak kembali ke MotoGP, saya sangat bangga dengan tim yang telah mengatasi berbagai kesulitan, membuat kemajuan yang stabil dari tahun ke tahun, dan akhirnya menjadi juara. hari bersejarah dan penting bagi Tim Suzuki Ecstar, karena menjadi Tim pertama dalam sejarah Suzuki yang memenangkan Kejuaraan Dunia Tim,” tutup Mr. Toshihiro.