Kapan Waktu yang Tepat untuk Servis Sokbreker Motormu?

LIFESTYLE
10 Nov 2020
Dilihat dari tampilan luarnya, sokbreker motormu mungkin masih terlihat bagus dan normal. Akan tetapi, untuk tetap menjaga performa mesin motor, perawatan terhadap sokbreker depan tetap harus dilakukan secara berkala. 

Hal ini penting kita lakukan, sebelum nanti sokbreker terlanjur mengalami kerusakan yang bisa jadi menurutnkan fungsinya. Dampak buruknya, saat melalui jalanan atau medan yang rusak saat berkendara, dayanya bisa jadi sudah tak terasa. Sebagaimana spare part motor lain, sokbreker yang di dalamnya juga terdapat oli memiliki masa pakai tertentu yang penting untuk Brad dan Sis tahu. Maka jika sudah mencapai jarak tertentu, perlu untuk melakukan penggantian agar performanya tetap baik saat dipakai berkendara. 

Perawatannya pun terbilang mudah, karena kita hanya perlu mengganti oli saja seiring dengan jarak tempuh yang sudah dicapai. Karena oli pada motor yang sudah mengering atau berkurang, dapat mengakibatkan sokbreker bekerja tidak maksimal. Adapun jarak tempuh yang dianjurkan untuk melakukan penggantian oli sokbreker depan adalah 15.000 kilometer dan berlaku kelipatan atau jika karet sil sudah mengalami kerusakan. Untuk proses penggantian oli sokbreker, sangat dianjurkan untuk mengganti oli pada kedua batang sok agar hasilnya seimbang dan berfungsi maksimal saat kembali dipakai. 

Berhubung oli sokbreker lama dikuras habis, Brad dan Sis juga diberikan pilihan untuk karakter sokbreker yang diinginkan. Karena beberapa orang kadang menginginkan sokbrekernya terasa lebih keras, maka kapasitas olinya bisa dilebihkan dibanding takaran oli standarnya. Agar sokbrekernya tak lagi rewel setelah diperbaiki, pastikan jika Brad dan Sis menggunakan oli khusus untuk sokbreker yang asli ya.